Kamis, 29 Sep 2016 | 06:21 WIB

Raihlah Impianmu dengan Membaca Alquran

Oleh: Ahmad DH

Tuntutan memenuhi kebutuhan ekonomi membuat seseorang berlomba-lomba memburu peluang dimanapun berada, terkadang tidak kenal waktu, maka tidak jarang harus rela berangkat pagi buta, dan baru pulang kerumah pada sore hari, bahkan sampai malam hari. Kesibukan tersebut mungkin tak terasa telah memakan separuh hidup kita. Dan karena kesibukan tersebut pula membuat fisik didera kecapaian.

Akibat kecapaian tersebut membuat ibadah taqarrub kepada Allah seperti melaksanakan shalat berjamaah di masjid menjadi menurun. Berkomunikasi dengan Allah melalui membaca ayat-ayat suci Alquran juga menjadi sesuatu yang jarang dilakukan. Padahal sejatinya pemilik semua yang ada di dunia ini termasuk masalah rizki adalah milik Allah, namun karena kesibukan kita dalam memburu harta malah menjadikan kita semakin jauh dariNya.

Sepatutnya kita merenungi dan mengevaluasi diri, memperbaiki ibadah kita kepadaNya. bukankah ibadah yang kita lakukan akan membawa ketenangan terhadap jiwa, dan dampaknya impian-impian yang diikhtiarkan akan lebih mudah diraih dengan jiwa yang tentram.

Allah dalam Alquran berfirman. “dengan kitab Itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keredhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (QS Faathir : 29)

Pada ayat yang lain Allah menegaskan bahwa, bagi orang yang senantiasa menghiasi hidupnya dengan Alquran akan menjadi orang yang tidak pernah merugi. “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi” (QS Yunus :57)

Jika suatu buku memiliki suatu nilai manfaat dari setiap isinya, maka alquran banyak memiliki manfaat dan menjadi tuntunan hidup atau pegangan manusia dalam hidup di dunia, Alquran memiliki keistimewaan bagi setiap orang yang membacanya, bahkan dalam sabda Rasulullah SAW disebukan bahwa, membaca Alquran merupakan ibadah yang paling istimewa.

“Siapa saja yang disibukkan oleh Alquran dalam rangka berdzikir kepada-Ku, dan memohon kepada-Ku, niscaya Aku akan berikan sesuatu yang lebih utama daripada apa yang telah Aku berikan kepada orang-orang yang telah meminta. Dan Keutamaannya Kalam Allah daripada seluruh Kalam selain-Nya, seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya.“ (HR. At-Turmudzi)

Dari Abdullah bin Mas`ud bersabda Rasulullah: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan “Alif lam mim” itu satu huruf, tetapi “Alif” itu satu huruf, “Lam” itu satu huruf dan “Mim” itu satu huruf.” H.R. At Tirmidzi dan berkata : “Hadits hasan shahih”.

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah (masjid) Allah, mereka membaca Alqur’an dan mempelajarinya, kecuali turun kepada mereka ketentraman, mereka diliputi dengan rahmat, malaikat menaungi mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka pada makhluk yang ada di sisi-Nya.” (HR. Muslim)

Selain keitimewaan Alquran dapat dirasakan di dunia juga akan diberikan kelak di akhirat, seperti Sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Muslim, yakni Dari Abi Umamah ra. Ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘ Bacalah olehmu Alquran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya”

Masihkah kita akan terlena menguras tenaga memburu impian-inpian yang sebenarnya merupakan milikNya, bukankah Allah telah menerangkan bahwa dengan dekat kepadaNya melalui membaca Alquran akan memudahkan jalan usaha yang kita lakukan? Semoga kita senantiasa menjadi orang yang dekat kepadaNya dengan selalu menyediakan waktu untuk melakukan shalat berjmaah dan membaca Alquran. Semoga bermanfaat.

Share this:
Tags:

Add Comment

Ut tellus dolor, dapibus eget, elementum vel, cursus eleifend, elit. Aenean auctor wisi et urna. Aliquam erat volutpat. Duis ac turpis. Integer rutrum ante eu lacus. Required fields are marked*