Rabu, 29 Jun 2016 | 23:04 WIB

Keren… Ribuan Warga Sukseskan Nusantara Depok Mengaji

pesertadepokmengaji

POJOKJABAR.com, DEPOK – Pelaksanaan event Nusantara Depok Mengaji yang dipusatkan di Masjid Dian Al-Mahri ‘Kubah Emas’ Jalan Meruyung Raya Kelurahan Meruyung Kecamatan Limo, Selasa (21/6/2016) malam (usai tarawih) berlangsung meriah.

Ribuan warga tampak memadati masjid yang ada di kawasan barat Kota Depok ini. Acara tersebut langsung dihadiri Inisiator Nusantara Mengaji, H.A. Muhaimin Iskandar.

Perlu diketahui, rangkaian Nusantara Depok Mengaji dengan cara membaca ayat suci Alquran sampai khatam dilaksanakan juga di 1.000 masjid dan musala secara serentak seKota Depok.

Selain di Kubah Emas, titik khataman Alquran juga digelar di Masjid Khoirotul Islam Gang H. Mahali Jalan Raya Margonda, dihadiri Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, didampingi koordinator Ketua PCNU Kota Depok, Raden Salamun Adiningrat.

Sedangkan titik lainnya dilaksanakan di Masjid Nurul Iman Jalan Raya Tapos Kelurahan Cimpaeun Kecamatan Tapos, yang dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi. Pelaksanaan khataman didampingi Koordinator Sekjen PCNU Kota Depok, Nasihun Syahroni.

Ketua PCNU Kota Depok Raden Salamun mengatakan, setiap jamaah yang hadir di tiga titik tersebut wajib membaca Alquran sebanyak 1 juz. Total jamaah di dua titik Margonda dan Tapos mencapai 400 hingga 500 orang, sedangkan di Kubah Emas jamaah ditargetkan mencapai 3.000 jamaah.

“Hal ini sekaligus ajakan bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya warga Kota Depok untuk lebih mencintai Alquran. Marilah kita jadikan Alquran sebagai pedoman,” ungkap Salamun kepada Radar Depok.

Koordinator Daerah Slamet Riyadi menambahkan, Nusantara Depok mengaji sudah disiapkan sejak jauh hari. Alhasil secara keseluruhan
acara berjalan lancar. Itu bisa dilihat dari banyaknya jamaah yang hadir di masjid Kubah Emas.

“Bila dihitung dari jumlah jamaah yang hadir, sekali khatam itu sekitar 60 kali khatam,” kata Slamet.

Slamet berharap, adanya Nusantara Depok Mengaji utamanya mendoakan Kota Depok agar terhindar dari hal yang kurang baik, mencegah kriminalitas, seksualitas, narkoba, kemudian kesenjangan sosial, ekonomi dan lainnya.

“Intinya berdoa kepada Allah mudah-mudahan hal negatif tersebut bisa dikurangi dan hilang di Depok,” tegas Slamet.

Sementara itu, Ketua Panitia Nusantara Depok Mengaji, Iwan Setiawan mengatakan, gelaran ini sebagai peringatan dalam menyambut bulan suci Ramadan. Baginya bulan penuh berkah ini mesti diisi dengan kegiatan positif.

“Alquran oleh Allah SWT diturunkan pada Bulan Ramadan. Selain memberi jalan bagi umat Muslim, Alquran juga memiliki kekuatan doa yang luar biasa,” tutur Iwan kepada Radar Depok.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Jazil ini mengatakan, dengan riyadhah khataman Alquran di seribu masjid, diharapkan dapat mengeluarkan Indonesia dari berbagai cobaan yang mendera.

“Gerakan ini merupakan upaya kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW melakukan riyadhah, meminta pertolongan pada Allah SWT untuk bisa menjauhkan dari segala bala dan cobaan, khususnya untuk Kota Depok,” tegas dia.(Depok/Ayu Ningsih)

Share this:
Tags:

Add Comment

Ut tellus dolor, dapibus eget, elementum vel, cursus eleifend, elit. Aenean auctor wisi et urna. Aliquam erat volutpat. Duis ac turpis. Integer rutrum ante eu lacus. Required fields are marked*