Selasa, 22 Nov 2016 | 23:08 WIB

Kenapa Harus Berdoa Ketika Hujan Turun

Sahabat Nusantara Mengaji, mungkin sebagian orang merasa gelisah ketika hujan turun. Apalagi jikalau sedang terburu-buru ataupun keadaan mendesak seperti akan menghadiri rapat, janji,  atau yang lainnya. Sehingga seringkali menyalahkan hujan yang turun tanpa terduga. Padahal hujan merupakan salah satu anugerah Allah yang diberikan kepada manusia. Saat hujan turun, salah satu hal yang dianjurkan kepada umat Islam adalah berdoa.

Tidak hanya berdoa karena hujan telah turun, Rasulullah berpesan untuk memanfaatkan hujan sebagai momen berdoa karena dalam rentang waktu itu termasuk saat-saat mustajab, beliau bersabda:

“Berdoalah di waktu mustajab, yaitu ketika perang berkecamuk, iqamah shalat, dan turunnya hujan.”
(Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr)

Lalu seperti apa doa ketika hujan turun? Diriwayatkan dalam Shahih al-Bukhâri, saat melihat hujan, Rasulullah SAW membaca doa hingga dua atau tiga kali:

doa-hujan

 

Artinya, “Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan (lebat) yang bermanfaat.”

Oleh karena itu, bila hujan telah turun maka harusnya kita bersyukur kepada Allah SWT seraya berdo’a dengan perasaan senang. Manfaatkan momen tersebut untuk memohon segala hajat kepada Allah SWT menyangkut urusan dunia dan akhirat. Jangan sia-siakan kesempatan untuk mendoakan kebaikan diri, istri, anak, kerabat serta kaum muslimin lainnya. (Nusantara Mengaji)

Share this:
Tags:

Add Comment

Ut tellus dolor, dapibus eget, elementum vel, cursus eleifend, elit. Aenean auctor wisi et urna. Aliquam erat volutpat. Duis ac turpis. Integer rutrum ante eu lacus. Required fields are marked*